Indonesia Flag Orb

unique stats

welcome to our blog! feel free to read and comment. no spamming please :D

Monday, February 14, 2011

Senja Astronomi (Astronomical Twilight)

Selamat malam para pembaca semua, kali ini kami akan mengulas sedikit tentang Senja Astronomi. Apa sebelumnya ada yang sudah pernah dengar tentang senja astronomi? Kalau belum, perlu baca nih...
Senja astronomi terbagi tiga, Senja Sipil (Civil Twilight), Senja Nautikal (Nautical Twilight), dan Senja Astronomikal. Senja sipil itu ciri-cirinya matahari sudah berada di bawah garis cakrawala, yaitu kira-kira selang waktu 30 menit setelah matahari terbenam, dan 30 menit sebelum terbit. Cahaya matahari dipantulkan atmosfer, sehingga kita masih bisa melihat benda dengan jelas dan kita dapat melihat cantiknya warna lembayung di langit.
Nah, tadi itu sekilas tentang senja sipil. Sekarang tentang senja nautikal. Ketika senja yang satu ini sedang berlangsung kita dapat melihat bintang bermagnitudo 1&2 dan batas cakrawala terlihat jelas. Zaman dahulu ini saat yang tepat untuk menentukan posisi kapal dengan mengukur ketinggian bintang dari cakrawala.
Yang terakhir adalah senja astronomikal. Dimulai 1,5 jam setelah matahari terbenam. Ini adalah waktu yang tepat untuk mengamati bintang-bintang di langit.

No comments:

Post a Comment