Indonesia Flag Orb
welcome to our blog! feel free to read and comment. no spamming please :D

Thursday, March 31, 2011

Mengenal Perigee dan Apogee

Para astronom lebih menyukai istilah perigee dibandingkan supermoon. Namun, apa sebenarnya perigee itu? Perigee merupakan istilah ilmiah umum yang digunakan para ilmuwan dalam menggambarkan jarak terdekat Bulan dengan Bumi. Kata “perigee” diambil dari bahasa Yunani, yaitu “peri” dan “gee”. Kata “peri” berarti dekat atau berada di sekitar, sedangkan kata “gee” berarti bumi.
Kata “peri” mengacu pada kedekatan atau penampakan terdekat dari satu benda angkasa dengan benda angkasa lainnya.
Lunar Perigee dan Lunar Apogee
Setiap benda angkasa memiliki jarak terdekat dan terjauh. Untuk orbit-orbit yang melintasi Matahari digunakan istilah perihelion. Sementara untuk Bulan digunakan istilah periselene, pericynthion, atau perilune.
Lintasan orbit Bulan pada Bumi tidaklah bulat, namun berbentuk elips. Oleh karena itu, pada siklus perputarannya, ada saat bulan berada pada titik terdekat dengan bumi. Siklus inilah yang disebut dengan lunar perigee.
Kemudian, ada juga saat Bulan berada pada jarak terjauh dengan bumi. Hal ini disebut dengan lunar apogee. Pada masa lunar apogee, Bulan terlihat lebih kecil dibanding pada lunar perigee. Beberapa ilmuwan telah membuktikannya dengan cara memotret bulan dengan bantuan teleskop. Lunar perigee menggambarkan peristiwa mendekatnya Bulan dengan Bumi. Ketika mendekat, jaraknya bisa hanya sekitar 360.000 km. Sementara ketika Bulan berada pada titik apogee, jaraknya bisa mencapai 405.000 km jauhnya.
Bulan membutuhkan waktu sekitar 29,5 hari untuk menuntaskan orbitnya mengelilingi Bumi. Bulan berada pada titik perigee setiap 14 hari dari munculnya bulan baru. Jadi, dalam satu bulan bisa terjadi dua kali supermoon atau lunar perigee.
Info :
Jarak Bulan Terjauh (Apogee) akan terjadi pada tanggal 2 April 2011 pukul 16.01 WIB
Jarak Bulan Terdekat (Perigee) akan terjadi pada tanggal 17 April 2011 pukul 13.01 WIB
YW
xoxo 

No comments:

Post a Comment